Thanks to Me

Bismilahirohmanirrohim..
Sudah mau akhir tahun ya, tidak terasa ini sudah tahun kedua saya bersama KIMI.
Dan tentunya banyaaaak banget yang aku dapetin dari KIMI. Membawa perubahan terhadap diri sendiri walaupun sedikit tapi itu sangatlah berarti.
Akhir tahun ini kita mengingat dan meriview ulang apa saja challenge yang udah dikerjakan dan dapat apa saja dari setiap challenge.

1. Januari- Beberes
Yes bisa dibilang setiap hari kita selalu beberes ya, tapi beberes kali ini beda. Dimulai dari beberes file2 di hp, foto,video atau bahkan aplikasi yg dari pertama donlot ga pernah dibuka sama sekali. Karena donlot cuma ikut2an aja.
Dan ternyata banyak banget file2 sampah yg masih di kekepin terus. Yang bikin hp jadi ngehang. Dilanjutin beberes akun media sosial. Unfollow akun2 yang ga berfaedah yang bikin diri ini jadi halu. Haha
Nah yang pling bikin jiwa raga capek banget ya beberes seisi rumah, bukan sekedar ngerapihin tapi bener2 beberes, buang atau kasih ke orang lain barang yang udah ga dibutuhkan, sampah nya hampir ada 2 kantong sampah gede, itu cuma sampahnya aja dan aku demen banget nimbun sampah ternyata pantesan ajj hidup sumpek banget, lah yang dikekepin nya aja sampah. Dan pas liat lemari baju oh no ternyata bnyak baju yang udah jarang atau ga pernah dipake lagi. Disini harus belajar melepaskan barang2 yang kita sayang, pdahal emang udah ga kepake sama kita, alasan disimpan hanya karena lucu, karena sayang dikasih mama, dll. Percaya deh itu ga ada gunanya. Mending dikasihin ke orang yang membutuhkan, kan jadi bermanfaat daripada hanya disimpen aja.

2. Februari - Start with smile
Nah ini nih yang paling bikin maju mundur ngerjainnya. Disuruh periksa gigi. Jujur aja aku orngnya ga pernah ke dokter gigi terakhir ke dokter gigi itu pas SD itu juga mau cabut gigi. Dan dari wktu itu sampe sekarang belum pernah ke dokter gigi lagi. Padahal kesehatan gigi itu  sangat penting. Akhirnya dengan mengumpulkan keberanian utnuk periksain gigi, dengan hasil harus cabut 3 sisa gigi yang udah keropos dan nambal gigi depan yang bolong. Alhamdulillah setelah periksa kondisi gigi lebih sehat. Semoga terus istiqomah mau periksa gigi walaupun masih ada takutnya. Hehe


3. Maret - Mereview buku Hati Yang Gembira Adalah Obat
Sebenarnya aku bukan tipe orang yang suka baca, tapi lagi-lagi ngelawan rasa malas dan kemageran langsung deh cari bukunya ke gramedia dan alhamdulillah ada. Pas liat covernya sih fresh banget nuansa hijau dan ada foto ka Sophie Navita nya.
Buku ini sangat bagus. Bagus banget recomended deh soalnya banyak banget ilmu yang didapat. Belajar mengenal diri sendiri, memaafkan, berserah, bersyukur, dan berbagi.
Dan kata-kata yang paling berkesan di buku ini yaitu kembali mengingatkan kita untuk MENCINTAI DIRI SENDIRI DULU, baru bisa mengurus orang lain.


4. April- Push awareness
Bulan ini challenge nya push awareness. Disuruh ikutan seminar atau workshop yang "gue banget"
Dan kebetulan ada acara kimi Luncheon ya udah langsung daftar aja. Dan alahmdulillah banyak banget ilmu yang didapat.
Aku baru pertama ikutan acara KIMI dan kali ini tema acaranya Real Happiness is the Happiness of the soul. Bahagia? Selama ini aku udah bener-bener bahagia atau pura-pura bahagia aja. Jleb langsung mikir. Satu yang pasti kalo kita mau bahagia kita harus waras dulu, eling dan sadar. Jadi ketika kita dapat ujian kita ga uring-uringan ga jelas. Tapi tetap tenang dan bersyukur.
Karena ketika kita dikasih ujian itu udah menurut kapasitasnya. Alloh tidak akan memberikan ujian kepada hambanya diluar batas kemampuannya.

Jadilah diri kita sendiri jangan bandingkan kehidupan kita dengan kehidupan orang lain. Karena kalau pun ada orang lain yang keliatan bahagia belum tentu kalo kita ada di posisi orang itu kita akan bahagia dan bisa menjalaninya. Setiap orang punya cara yang berbeda untuk bahagia jadi be your self aja.


5. Mei - Belajar Cukup
Menjelang bulan puasa challenge nya yaitu belajar cukup. Karena selama puasa bisanya segala macam dibeli yang akhirnya jadi mubah.
Diawali dengan beberes dapur dan kamar mandi. Beberes dapur sampai semua sudutnya, ternyata banyal banget barang yang dibeli tapi sama sekali ga dipakai dan aku ingat beli barang2 itu hanya ikut2an karena lagi hits. Dan ya itu menyadarkan aku betapa selama ini aku serakah banget. Segala dibeli semua peralatan dapur harus kumplit padahal yang dipake mah ya itu2 aja. Sampe barang2 aku sortir semua dan alhamdulillah rak piring dan dapur telihat lebih luas. Yang imbas ke cucian piring ga numpuk. Alhamdulillah sampai sekarang belajar cukup ini selalu jadi rem aku kalau aku udah error mau beli ini mau beli itu. Alhamdulilah.

6.Juni- Prasangka Baik
Nah tugas nya bulan ini harus ketemu sama bebo-bebo KIMI yang belum pernah ketemu dan ngobrol banyak. Ngobrol dari hati ke hati. Alhamdulillah aku ketemuan sama teh Widi san teh selli. Awalnya aku ga pd dan emang suka "kikuk" juga kalo ketemu sama orang baru. Tapi bismillah yang penting gerak, berprasangka baik aja dulu belum tentu kan apa yang kita takutkan terjadi. Buktinya pas ketemu enjoy aja ngobrol ngalir kayak air ga kerasa udah mau 2 jam dan berasa baru sebentar. Tuh kan prasangka baik aja dulu jangan belum juga gerak udah takut ini lah, takut itu lah, tar gmna lah, de el el.
Terimaksih bupon challenge nya selalu bikin makin aware sama diri sendiri, terus bebenah diri sampe waras.

7 &8. Juli & Agustus - Inner child
Nah kenapa challenge ini dikasih waktu 2 bulan karena ya untuk ingat masa-masa kecil ga mudah apalagi yang punya trauma dimasa kecil nya. Dan challenge nya difoto sesuai dengan cita-cita waktu kecil. Pas dikasih tau challenge nya entah kenapa lngsung terlintas aja difikiran kalau waktu kecil aku pengen banget jadi insinyur pertanian. Dan ingatan cita-cita itu masih jelas bnget, kalau temen2 nanyain "nis kamu cita-cita mau jadi apa? Dan aku langsung jawab "aku mau jadi insinyur pertanian" .
Untuk mewujudakan cita-cita itu aku harus pulang kampung dan mencari lokasi yang pas untuk difoto. Alhamdulillah Alloh permudah jalannya sehingga aku bisa pulkam dulu. Entah kenapa pas naik lagi ke kebun rasanya aku teringat anis kecil dulu yang selalu senang main di kebun, sawah, sungai bahkan sampe nyari ikan2 di sungai. Kenangan indah masa kecil teringat lagi. Dan i'm very happy.


9. September - September ceria
Di bulan ini ga ada challenge. Hanya disuruh melakukan sesuatu yang membuat kamu bahagia. Yess aku bahagia ketika aku lagi sma tanaman2 aku. Makanya aku beres2 taman, mindahin tanaman yang pot ny udh kekecilan.

10. Okrober - Belajar mendengarkan
Challenge ini simpel sebenarnya hanya disuruh mendengarkan tapi ko ya pas udah dijalanain susah bener, susah buat orang kaya aku yg sukanya naik banding, ngeyelan dan ga mau kalah. Disini bener2 aku harus menurunkan ego dan mencoba mendengarkan dengan tulus.
Alhamdulillah challenge kali ini aku ngobrol sama suami. Dan dari challenge mendengarkan ini hubungan aku sama suami jadi lebih enak dalam segala hal. Alhamdulillah

10. November
Akhirnya menjelang akhir bulan ini, aku menyelesaikan challenge KIMI, mereview semua cahallenge dari januari sampai oktober kemarin. Dan saatnya sekarang aku mengucapka terima kasih
yess.. Terimakasih ANIS ANNAFISYAH karena sudah berjuang selama setahun ini, terus berproses menjadi pribadi yang waras dan napak, walaupun aku tau itu tidak mudah tapi kamu terus berusaha. Terimaksih karena telah berusaha menurunkan ego, melawan kemalasan, tidak serakah, berprasangka baik, ga ngeyel dan ngentengin. Terimakasih atas segala usahamu teruslah berproses untuk menjadi pribadi yang lebih baik. I Love You Anis.

Peluk gabrug buat Bupon, teh bebeb dan semua bebo- bebo KIMI, my soul sister. Alahmdulillah bisa menjadi bagian dari KIMI. ❤❤❤



- Thanks to Me

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KIMI Challenge